Rabu, 02 Juni 2010

Manusia Dan Cinta Kasih


Rasa cinta di dalam diri manusia merupakan sebuah perasaan sangat suka, sayang, dan ingin memiliki terhadap sesuatu, baik benda hidup ataupun mati yang dibentuk oleh unsur tamggung jawab, kasih, perhatian pengenalan. Perasan cinta tersebut akan lebih erat lagi apabila di dalam hubungan cinta tersebut terdapat kasih dan sayang yang tulus dimana rasa kasih dan sayang tersebut akan membantu kedua belah atau masing-masing pihak agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya contohnya adalah ketika sang ibu yang baru melahirkan anaknya, ibu tersebut langsung menggendong anak tersebut dan menyusuinya dimana tujuannya tak lain dan tak bukan adalah karena sang ibu ingin agar anaknya dapat tumbuh dengan sehat dan inti dari tindakan si ibu adalah untuk membuat si anak memiliki masa depan yang baik.

Di dalam keluarga kasih sayang sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu

1) si ibu aktif dan si anak pasif

model kasih sayang tersebut berarti si ibu sangat aktif dalam memberikan kasih sayangnya kepada anak baik moral maupun materil sebanyak-banyaknya dan anak mengiyakan saja tanpa memberikan respon. Hal tersebut akan memberikan dampak negatif terhadap anak seperti minder, sulit untuk menyatakan pendapat sehingga anak tak dapat berdiri sendiri di masyarakat

2) Si ibu pasif dan si anak aktif

Di dalam model kasih sayang tersebut, si anak aktif memberikan kasih sayangnya terhadap ibunya namun si ibu pasif dalam merespon rasa kasih sayang yang di ungkapkan oleh si anak.

3) Si ibu dan si anak pasif

Di dalam model kasih sayang tersebut, anak dan ibu pasif dalam memberikan kasih sayang satu sama lain. Ketika kondisi tersebut terjadi suasana rumah akan menjadi terasa hambar karena dapat membuat kedua belah pihak acuh tak acuh terhadap kondisi dari dari masing-masing individu baik anak maupun ibu hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada keperibadian anak.

Objek dari rasa cinta sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu

1) cinta terhadap diri

rasa cinta terhadap diri sendiri ini penting sebab sebelum kita mencinta orang lain dan juga sebaliknya, kita harus mencintai diri kita terlebih dahulu sebab bila terhadap diri sendiri saja sudah tidak cinta siapa lagi yang akan mencintainya. Bentuk cinta terhadap diri adalah cinta kepada harta, kesehatan milik sendiri. Bentuk cinta ini bagus asalkan tidak dalam taraf yang berlebih-lebihan.

2) Cinta terhadap sesama manusia.

Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan atau bergaul dengan orang lain oleh karena itulah cinta terhadap sesama manusia. Dengan meberikan kasih sayang kepada sesama manusia dalam perwujudan membantu orang yang sedang mengalami kesuasahan, suatu hari kita juga akan di bantu oleh orang lain hal tersebut sesuai dengan hukum petani, siapa yang menebar benih jagung pasti akan tumbuh jagung. Siapa yang menebar benih kebaikan akan di balas dengan kebaikan.

3)cinta seksual

Cinta seksual merupakan emosi alamiah dalam diri manusia yang tidak diingkari, ditentang ataupun di tekan. Cinta seksual erat kaitannya dengan kehidupan berumah tangga ( suami dan istri) untuk menjaga keharmonisan mereka.

4)Cinta kepada tuhan

Cinta kepada tuhan merupakan cinta yang harus diprioritaskan paling utama sebab tuhanlah yang mencipatakan kita. Dengan mimiliki perasaan cinta erhadap tuhan maka orang tersebut juga akan memiliki kecintaan terhadap sesama manusia, hewan dan seluruh benda yang diciptakan oleh tuhan.

Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga dimana pada dasarnya kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Kemesraan dapat menimbulkan daya kreatiftas seseorang.

Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu bentuk manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam komunikasi ritual. Komunikasi ritual tersebut tergantung dari agama yang dianut oleh individu tersebut, untuk islam komunikasi ritual dilakukan dengan sholat 5 waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar