Jumat, 24 September 2010

pengaruh bahasa gaul terhadap bahasa indonesia

Bahasa gaul sebenarnya sudah ada sejak 1970-an. Awalnya istilah-istilah dalam bahasa gaul itu untuk merahasiakan isi obrolan dalam komunitas tertentu. Tapi karena sering juga digunakan di luar komunitasnya, lama-lama istilah-istilah tersebut jadi bahasa sehari-hari.

di dalam pergaulan anak muda masa kini, sering terdengar istilah-istilah gaul seperti cuy, bro, atau friends, dan sebagainya. saya sendiri sering menggunakannya dalam obrolan sehari-hari dengan teman-teman di dunia nyata ataupun di dunia maya seperti di facebook misalnya. tujuan sebenarnya adalah untuk memberikan kesan kedekatan dan persahabatan terhadap teman yang sudah lama kita kenal tetapi tidak untuk teman yang masih baru dikenal karena khawatir nanti akan dianggap sok dekat dan sok kenal dengan teman tersebut. dari 3 contoh kata gaul yang saya berikan diatas, hanya dua saja yang saya tahu arti dari kata tersebut. bro = brother dan friends= teman, sedangkan untuk cuy mungkin diambil dari kata coy yang telah dimodifikasi seiring perkembangan jaman sehingga berubah bunyi menjadi cuy agar lebih halus didengar.

seperti yang saya katakan diatas bahwa bahasa gaul merupakan bahasa komunitas, sebenarnya ada dua komunitas yang turut andil dalam populernya bahasa yang mereka ciptakan itu yaitu kelompok preman dan kelompok waria. bahasa gaul yang berasal dari waria memiliki pola sebagai berikut:

-Tambahan awalan ko.

Awalan ko bisa dibilang sebagai dasar pembentukan kata dalam bahasa okem. Caranya, setiap kata dasar, yang diambil hanya suku kata pertamanya. Tapi suku kata pertama ini huruf terakhirnya harus konsonan. Misalnya kata preman, yang diambil bukannya pre tapi prem. Setelah itu tambahi awalan ko, maka jadi koprem. Kata koprem ini kemudian dimodifikasi dengan menggonta-ganti posisi konsonan sehingga prokem. Dengan gaya bicara anak kecil yang baru bisa bicara, kata prokem lalu mengalami perubahan bunyi menjadi okem.

Contoh lainnya:
Mati - komat (ko+mat) - mokat
Bini - kobin (ko+bin) - bokin
Beli - kobel (ko+bel) - bokel
Bisa - kobis (ko+bis) - bokis

Dengan metode yang sama, waria di Jawa Timer mengganti awalan ko dengan si

- Kombinasi e + ong

Kata bencong itu bentukan dari kata banci yang disisipi bunyi dan ditambah akhiran ong. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan e. Huruf vokal pada suku kata kedua digani ong.

Contoh lain:

Makan - mekong
Sakit - sekong
Laki - lekong
Lesbi - lesbong
Mana - menong

Ada juga waria yang kemudian nengganti tambahan ong dengan es sehingga bentukan katanya

Banci - bences
Laki - lekes

Tambahan sisipan Pa/pi/pu

Setiap kata dimodifikasi dengan penambahan pa/pi/pu/pe/po pada setiap suku katanya. Maksudnya bila suku kata itu bervokal a, maka ditambahi pa, bila bervokal i ditambahi pi, begitu seterusnya.

Contoh:

Mati - ma (+pa) ti(+pi) - mapatipi
Cina - ci (+pi) na (+pa) - cipinapa
Gila - gi (+pi) la(+pa) - gipilapa
Tilang - ti (+pi) la(+pa)ng - tipilapang

Bahasa gaul dengan bentukan kata macam ini rasanya merepotkan. Memang sih sebagai bahasa sandi atau bahasa rahasia mungkin cukup ampuh. Tapi enggak praktis. Bayangkan saja sebuah kata yang tadinya terdiri dari dua suku kata jadi empat suku kata. Jadi terlalu panjang mengucapkannya.

- Sisipan in

Pernah dengar istilah lines? Lines itu artinya 'lesbi'. Rumusnya, setiap suku kata pertama disisipi in. Kata les-bi disisipi -in jadi 1(in)es b(in)I = linesbini. Biar gampang sering disingkat jadi lines saja.

Contoh lain:
Banci - b(in)an-c(in)i - binancini
Mandi - M(in)an-d(in)i -- Minandini
Toko - t(in)o-k(in)o - tinokino
Homo - h(in)o-m(in)o - hinomino

untuk bahasa gaul yang berasal dari bahasa okem atau preman, kata-katanya cendrung tidak berpola dan sering memiliki tingkat kemiripan yang sedikit jauh dari kata-kata aslinya sebagai contoh. "bokap" yang memiliki arti ayah dan "doi" yang memiliki yang memiliki arti dia.

pengaruh buruk dari bahasa gaul tersebut terhadap bahasa indonesia adalah semakin berkurangnya kemurnian dari bahasa indonesia itu sendiri dan dikhawatirkan bahasa indonesia yang sesuai dengan EYD akan diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar