Minggu, 09 Oktober 2011

Software Design



Corel Draw

perusahaan corel corp, merupakan pengembang dari software design grafis coreldraw.
perusahaan ini berasal dari negara canada tepatnya di otawa. biasanya software ini digunakan untuk melakukan pendesignan suatu obyek yang berbasiskan ve
ktor. Kelebihan design suatu obyek yang berbasiskan vektor diataranya:
  • Ruang penyimpanan untuk objek gambar yang efisien
  • bentuk atau ukuran, kwalitas/ resolusi masih tetap terjaga walaupun diubah-ubah
  • Anda dapat dengan leluasa menggambar dan memodifikasi dalam pengerjaannya.
karena kesuksesan dalam pembuatannya, akhirnya perusahaan pengembang software ini mencatut nama pertama dari software ini yaitu COREL CORP sebagai nama perusahaan. diindonesia sendiri software ini mulai dikenal oleh para designer grafis pada tahun 2000-an, dan kini versi x4 nya sudah diperkenalkan di indonesia sejak tahun 2008.

untuk compatibilitas sendiri, software ini awalnya hanya mensupport OS Microsoft 2000 namun seiring perkembangannya software ini dapat mensupport linux juga walau di dalam penginstalasiannya diperlukan software tambahan yang bernama wine.


SEJARAH COREL DRAW

Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.

Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.


Fitur andalan software corel draw

dimasa masa kemunculan pertamanya, kehandalan tools-tools corel draw sempat diragukan oleh para pengguna software designer. para designer, lebih memepercayai software besutan macromedia atau adobe sebagai software untuk mendesign obyek yang ingin mereka buat. Namun, pihak corel tidak begitu saja tinggal diam dalam menghadapi masalah tersebut. mereka melakukan inovasi-inovasi agar mampu bersaing dengan rivalnya yaitu adobe dan macromedia. gebrakan yang dilakukan oleh corel draw diantaranya menambahkan fitur atau tools-tools baru yang lebih disesuaikan dengan para designer profesional. Berikut adalah beberapa tools yang dimiliki oleh :

1) fiture yang sangat mengagumkan yang dimilik oleh corel draw seperti: stroke before fill, meshfill, dan note edit fill juga lain sebagainya,

2) corel draw merupakan software bundling lengkap bukan hanya sebagai editor grafis tapi juga sebagai ediotr vektor

3) corel draw dapat digunakan untuk memainkan contrass, lalu menyetel keseimbangan warna, serta dapat digunakan dalam mode CMYK dan RGB.

4) Dalam hal pencetakan, gambar yang berbasis vektor dapat dicetak dalam skala resolusi tertinggi baik di printer Anda maupun di percetakan.


AUTOCAD

AutoCAD adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Auto Desk INC untuk menggambar teknik, misalnya untuk perancangan suatu arsitektur bangunan atau konstruksi (denah, tampak, potongan, dsb). Software ini memiliki kemampuan dalam pengolahan gambar berbentuk dua atau tiga dimensi.





SEJARAH AUTO CAD

Autodesk didirikan tahun 1982 oleh John Walker. Dia dan 15 pendiri lainnya berniat untuk mengembangkan lima aplikasi desktop otomatisasi yang berbeda. Mereka melakukan ini dengan gagasan bahwa salah satu aplikasi yang akan dilepas dan akan dikembangkan lebih lanjut. Produk ternyata adalah AutoCAD, yang didasarkan pada CAD program yang ditulis pada tahun 1981 oleh Mike Riddle disebut MicroCAD diubah kemudian ke Interact. AutoCad ditampilkan pada sebuah pameran di Las Vegas COMDEX sebagai program CAD pertama di dunia yg dapat berjalan di PC

VERSI-VERSI AUTOCAD

AutoCAD Versi pelajar
AutoCAD memberikan potongan harga yang besar bagi penggunaan AutoCAD utuk pendidikan (pelajar dan pengajar), baik lisensi 14 bulan maupun lisensi perpetual tersedia. AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, perbedaannya hanyalah, pada versi pelajar setiap data DWG yang dihasilkan atau di rubah terdapat data bendera internal (bendera pendidikan). Kalau gambar ini dicetak , maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gamabar ini diproduksi dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang digunakan untuk keperluan komersial.

Vertical programs
Autodesk juga mengmembangkan beberapa program vertikal dari AutoCAD untuk beberapa disiplin khusus. Contohnya AutoCAD Architecture (sebelumnya disebut Architectural Desktop), memungkinkan arsitek untuk menggambar obyek 3 dimensi dari tembok, pintu, jendela, dengan data yang lebih cerdas berhubungan langsung dengan obyek tersebut, daripada obyek sederhana seperti gambar garis dan lingkaran saja. Data bisa diprogram untuk menampilkan produk arsitektural secara spesifik yang dijual dipasaran lengkap dengan harga dan merek obyek tersebut. Contoh lain adalah AutoCAD Mechanical untuk insinyur teknik mesin, AutoCAD Electrical untuk insinyur teknik elektro, AutoCAD Civil 3D (untuk insinyur teknik sipil), dan AutoCAD Map 3D (peta).

FITUR-FITUR AUTOCAD

Dokumen

AutoCAD ini identik dengan dokumentasi untuk alasan yang baik. Anda Drive proyek dari konsep sampai selesai dengan alat-alat dokumentasi kuat di AutoCAD. Bekerja lebih cepat dengan otomatisasi, manajemen, dan alat editing yang mengurangi tugas yang berulang dan kecepatan waktu Anda untuk penyelesaian. Tidak peduli ukuran proyek Anda atau ruang lingkup, AutoCAD dapat membantu Anda menghadapi tantangan dengan AutoCADcontinuously terkemuka dan berinovasi dokumentasi selama lebih dari 25 tahun.

Menyampaikan

Dengan AutoCAD, komunikasi adalah operasi mulus. Berbagi data desain penting aman, efisien, dan akurat dengan AutoCAD. Pengalaman manfaat dari dukungan asli DWG ™, dunia yang paling banyak digunakan desain format data, memungkinkan Anda untuk membuat semua orang di loop pada setiap saat. Mengambil ide-ide Anda ke tingkat berikutnya dengan grafik presentasi-siap, rendering tools, dan beberapa yang terbaik merencanakan dan pencetakan 3D dalam bisnis. Ini komunikasi yang terbaik.

Menjelajah

AutoCAD 3D memberikan Anda kekuatan untuk mengeksplorasi ide-ide Anda dalam hampir semua bentuk dibayangkan. AutoCAD dan sebuah kanvas kosong memiliki banyak kesamaan. Keduanya memberikan Anda kemampuan untuk menciptakan terbayangkan sebelumnya. Tapi AutoCAD menyediakan fleksibilitas untuk mengeksplorasi ide-ide desain di kedua 2D dan 3D, dengan alat intuitif yang membantu konsep Anda menjadi nyata. Dunia ini kanvas Anda-apa yang akan Anda buat selanjutnya?

Customize

Sesuaikan dan mengkonfigurasi AutoCAD dengan cara-cara Anda tidak pernah berpikir mungkin. Tugas Anda adalah unik. Perangkat lunak Anda harus juga. Menyesuaikan AutoCAD untuk memenuhi kebutuhan unik Anda lebih mudah daripada yang Anda pernah berpikir mungkin. Mengkonfigurasi pengaturan Anda, memperluas perangkat lunak, membangun workflow custom, mengembangkan aplikasi Anda sendiri atau salah satu leverage yang sudah dibangun. Beberapa pikir Anda harus memilih antara fleksibilitas dan kekuatan. Dengan AutoCAD, Anda dapat memiliki keduanya.


Macromedia Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.

Dreamweaver MX dalam hal ini digunakan untuk web desain.dreamweaver MX mengikutsertakan banyak tool untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain : Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver. Teknologi Dreamweaver Roundtrip HTML mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya.

Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.

Kelemahan Dream waver

Harga yang relatif mahal $399 per cd.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar