Minggu, 06 Juni 2010

Manusia dan Tanggung jawab

Tanggung jawab menurut kamaus umum bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewaajiban menanggung,mamikul jawab,menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung jawabnya. Timbulnya tanggung jawab itu karena menusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Tanggung jawab bersifat koderati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani tanggung jawab. Tanggung jawab dapat dilihat dari 2 sisi yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi pihak lain. Dari sisi pihak pembuat, ia harus menyadari akibat perbuatannya itu, dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan dalam keadaan baik. Dari sisi lain, apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab, pihak lain yang akan menyelsaikan baik secara individual maupun secara kemasyarakantan.

Tanggung jawab terbagi menjadi beberapa jenis
a) tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

b) Tanggung jawab terhadap keluarga
Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga.

c) Tanggung jawab terhadap masyarakat
Tingkah laku dan perbuatan seseorang harus dipertanggung jwabkan kepada masyarakat

d) Tanggung jawab kepada Negara
Pertanggung jwaban individu apabila melakukan kesalahan terutama pelanggaran terhadap tata tertib dan hukum-hukum yang berlaku disuatu Negara.

e) Tanggung jawab terhadap tuhan
Segala tingkah laku individu akan dipertanggung jawabkan dihadapan penciptanya yaitu tuhan

C) Pengabdian Dan pengorbanan

a)Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang,hormat,atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

b)Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar