Rabu, 22 September 2010

ON THE NET

Internet merupakan sebuah kemajuan teknologi yang telah menghancurkan paradigma lama bahwa untuk berkomunikasi dan memberikan informasi ke suatu tempat yang jauh, membutuhkan waktu yang lama untuk dilakukan. Sejarah internet berawal dari sebuah perusahaan yang bernama (ARPA) yang didirikan oleh departemen pertahanan amerika, melakukan sebuah research untuk menghubungkan komputer-komputer agar dapat melakukan komunikasi secara transparan melewati jaringan-jaringan yang saling terhubung dan perwujudan dari pengembangannya dibagunlah jaringan yang mampu mengirimkan node yang digunakan untuk menghindari serangan nuklir pada periode perang dingin. Saat ini, banyak pihak yang turut terlibat pada proses berkembangnya internet seperti ISP, pemerintah,browser,dan para pengguna internet.



Agar komputer terhubung dengan internet, dibutuhkan dua peralatan pendukung, yaitu, software dan hardware. Hardware seperti modem merupakan alat untuk mengirim dan menerima sinyal pada komputer sehingga memungkinkan komputer-komputer terhubung satu dengan yang lain sedangkan software berfungsi untuk mendukung hardware salah satu contohnya adalah pembuatan ’screen’ yang berisi tombol tombol pengatur koneksi.



Pada tanggal 6 agustus 1991 lahirlah sebuah teknologi baru yaitu world wide web hasil dari perkembangan teknologi internet. World wide web merupakan teknologi yang dikembangkan oleh tim barners-lee untuk mengakses dan membagi informasi dengan menggunakan berbagai jenis komputer. Dengan menggunakan bahasa html segala macam jenis data diterjemahkan, lalu dipindahkan ke internet sehingga dapat ditemukan oleh browser dan dikases oleh internet user. Kehadiran teknologi hyperlink yang seolah-olah menjadi pintu untuk memasuki sebuah website, memudahkan internet user membagi link kepada internet users lain agar mereka dapat mengakses halaman per halaman dari web tersebut dengan mengklik link yang telah diberikan.



Munculnya world wide web turut mengubah tatanan masyarakat khususnya dalam bidang sosial dan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bidang perdagangan, boomingnya internet user membuat banyak pemilik modal memanfaatkan moment tersebut untuk membuat website komersial berdomain(dot com). Web site tersebut umunnya bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa sebagai contohnya adalah amazon.com yang menjual barang-barang non organic keperluan sehari-hari seperti pakaian,mainan,gadget dan lain-lain. Dengan adanya website tersebut memudahkan para internet user dalam bertransaksi tanpa harus pergi ke shooping center. Keberadaan web site.com tersebut juga tidak terlepas dari sistem pembayaran secara on-line yang terus berkembang saat ini. Salah satu website yang menyediakan jasa pembayaran secara online yaitu paypal.com.



Tidak semua website dibuat dengan tujuan komersil, ada juga webiste yang yang dibuat untuk tujuan membagi informasi secara gratis kepada internet user. website seperti youtube adalah salah satu website non comersil. Di youtube kita dapat mendownload film secara gratis. Film-film yang dijual di amazon.com juga ada disana, namun film-film yang ada di youtube tidak selengkap dan sebaik qualitas film-film yang dijual pada web site amazon.com. terkadang gambar-gambar yang blur sering dijumpai pada film gratisan. Tidak hanya itu youtube juga menjadi salah satu web site revolusioner yang memungkinkan kita melihat video secara on-line di internet.



Pada bidang sosial, perubahan terlihat dalam tata cara besosialisasi di masyarakat. Dengan hadirnya website sosial networking seperti facebook mematahkan cara bersosialisasi konvensional yaitu dengan menampakan badan dan datang kerumah sanak keluarga atau krabat yang ingin diajak untuk berkomunikasi. Dengan facebook kita dapat berkomunikasi melalui message, menulis di wall atau chating, tidak hanya itu kondisi merekapun dapat diketahui dari status yang ditulis. Ditingkat yang lebih canggih, ada pula website yang menyediakan sarana komunikasi dengan menggunakan video chat atau video call—skype salah satunya. Dengan menggunakan peralatan webcam yang ada pada pc, komunikasi dapat dilakukan secara peer to peer.



Dilain pihak, internet juga dapat menjadi boomerang pagi para penggunannya dibawah ini merupakan beberapa effect buruk dari internet

1. Cybersexual addiction

yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.


2. Cyber-relational addiction
adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.

3. Net gaming
yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.

4. Information overload
Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.

5. Computer addiction

Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.


Jadi, gunakan kemajuan teknologi tersebut sebaik dan sebijak mungkin atau teknologi akan menghempaskan penggunanya kedalam jurang masalah.


Sumber: ’Digital cultures understanding new media’, www.scriptd.com, www.amazon.com , enformasi.com/2009/01/dampak-negatif-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar