Minggu, 31 Oktober 2010

Google or Apple Tv.?

GOOGLE TV

Google tv adalah sebuah perangkat tv yang dikembangkan oleh google yang bermarkas di mountain view California AS.Banyak orang yang bertanya-tanya apa sebenarnya google tv dan apakah google tv sama dengan tv berbayar biasa. Jawabannya adalah tidak karena google tv adalah siaran tv digabungkan dengan acara tv real-time dengan internet di mana seseorang dapat menyaksikan acara tv yang disiarkan secara langsung dan juga konten dari situs video seperti YouTube.. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses web dan mengunduh berbagai aplikasi. Kemampannya yang dapat mengkases internet itulah yang membedakan google tv dengan tv berbayar biasa. Untuk dapat menerima layanan tersebut, pengguna harus memiliki perangkat tv khusus yang dihubungkan ke google box.

Yang lebih menarik lagi, Google TV dibuat menggunakan sistem operasi open sorce yakni Android dan Chrome yang merupakan system operasi besutan google yang membuat para penggunanya dapat mengembangkannya kembali.

Google berencana merilis Google TV SDK (software development kit) dan web API (application programming interface) untuk TV buat para pengembang segera begitu Google TV tersedia di pasaran. Aplikasi untuk Google TV akan dikumpulkan dalam Android Market. Meski demikian, saat ini para programmer Android dan Chrome sudah bisa mengoptimalkan aplikasinya untuk layanan TV dengan tools baru yang telah dirilis Google.

Id.wikipedia.com


APPLE TV

Ini dia saingan utama dari google tv,namanya Apple Tv, dari namanya saja sudah tercium sang pembuat peralatan tersebut yaitu Apple Inc dengan leadernya Steve Jobs. Apple Tv merupakan sebuah komputer yang berjenis small form factor (SFF) yang ditujukan untuk menjalankan data digital yang berasal dari iTunes, Netflix, YouTube, Flickr, dan MobileMe.

Produk yang diperkenalkan pada September 2006 ini, dapat menjalankan data dari komputer dengan sistem operasi Mac OS X atau Windows melalui software iTunes.

Apple tv generasi pertama mulai dilepas ke pasaran pada maret 2007 dengan mengusung hard disk berkapasitas 40 GB. Namun karena kapasitas hard disk yang masih dirasa kurang besar terutama untuk menyimpan file-file video, mp3, photo yang memakan alokasi hard disk yang cukup besar, dua bulan kemudian dipasarkan kembali apple tv dengan kapasitas hard disk mencapai 160 GB yang sekaligus akhir dari produksi versi40 GB nya.

Tiga tahun berselang,tepatnya pada bulan september 2010 bos Apple tv ”steve jobs” mengumumkan Apple tv generasi kedua. Apple Tv generasi kedua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari versi pendahulunya yaitu hanya seperempat dari Apple tv generasi pertama. Semakin kecil harga bukan berarti harganya semakin mahal lho, sebab harga Apple tv generasi kedua ternyata lebih murah seperempatnya dibandingkan dengan generasi pertama

.

Fitur Apple TV

Bukan Apple namanya kalau tidak dapat menghadirkan fiture-fiture canggih dari setiap produknya ke rumah anda. Berikut ini adalah fitur-fitur pada Apple Tv

1) Apple TV memungkinkan pengguna menggunakan HDTV untuk melihat foto memutar musik, dan melihat video yang berasal dari Internet Media Service atau Local Network.

Internet Media

2) Pengguna dapat mengakses iTunes langsung menggunakan Apple TV untuk menyewa film atau TV shows dan audio serta video podcasts. Perbedaan pada generasi pertama dan kedua Apple TV, generasi pertama dapat membeli konten dan menyimpan dalam hard disk. Sementara itu, Apple TV generasi kedua hanya dilengkapi dengan flash memory, maka pengguna hanya bisa menyewa. Alternatif lain, pengguna dapat membeli konten melalui internet, menyimpannya dalam komputer, lalu menjalankan konten tadi melalui Apple TV. Hingga pertengahan Maret 2009, Apple TV merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan konten HD iTunes. Tentunya untuk mengakses video, mp3 dari itunes harus terkoneksi internet lho

3) Apple TV dapat menampilkan foto dari Flickr dan MobileMe dalam bentuk slide show. Foto di dalam slide show otomatis ditampilkan menggunakan transisi cross-dissolve, atau Ken Burns effect sebagai pilihan.

4) Apple TV telah terintegrasi dengan Netflix dan dapat melakukan streaming, sejak revisi pada September 2010.

5) Apple TV dapat menampilkan video YouTube secara langsung, selama terkoneksi ke internet. Untuk menyaksikan video di YouTube, tidak diperlukan akun YouTube.

6) Apple TV juga dilengkapi dengan parental controls, yang memungkinkan pengguna membatasi akses ke konten-konten tertentu di internet media.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Google TV masih kompetitif atas Apple TV karena Google TV memiliki sejumlah keunggulan unik atas Apple TV.Pertama, Google TV dilengkapi web browser Chrome, sehingga pengguna bisa membuka halaman web, seperti ketika menggunakan komputer biasa. Sebaliknya, Apple TV tidak dilengkapi web browserapa pun.

Ada pun keunggulan kedua Google TV atas Apple TV adalah dukungan Sony,yang berencana menghadirkan Google TV dalam kemasan IETV (Internet-Enabled Television), alias pesawat televisi yang mampu mengakses internet tanpa bantuan alat lain, baik dengan konektivitas kabel,atau pun nirkabel. Dengan pilihan format IETV dari Sony,Google TV bisa menghemat ruang secara siginifikan, dibandingkan Apple TV generasi kedua, yang masih hadir dalam format STB. Di sini, Apple TV akan unggul jika Apple menghadirkan Apple TV versi all-in-one, yang dilengkapi layar terintegrasi,seperti komputer iMac.

Sedangkan keunggulan ketiga Google TV atas Apple TV adalah Google TV mendukung akses Twitter,sedangkan Apple TV tidak. Google menambahkan, alat-alat elektronik pendukung Google TV akan dilengkapi remote control yang memiliki keyboard Qwerty, sehingga pengguna pun bisa melakukan pengetikan teks. Namun demikian, Apple dan Google bertarung di lahan yang sangat subur. Sebab, STB dan IETV punya pasar masing-masing dan keduanya memiliki peluang besar untuk bertumbuh pesat. Firma riset iSuppli Corp mengkategorikan Apple TV sebagai STB IPTV (Internet Protocol Television).

Sedangkan Kekurangan Utama dari Google Tv adalah pengguna tidak dapat mengkases Itunes yang kaya akan konten video dan musik, dan hal tersebut sekaligus menjadi kelebihan dari Apple TV.

referensi: id.wikipedia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar