Selasa, 26 Januari 2010

Miniatur Kota Dalam 1 Jalan



berbicara tentang bekasi, tidak lengkap rasanya tanpa membahas Jln KH.NOER.ALIE Nama KH.NOER.ALIE sendiri, diambil dari nama seorang pahlawan bekasi yang bernama KH.NOER.ALIE Untuk menghormati dan mengenang jasa- jasa beliau maka namanya pun diabadikan menjadi sebuah nama jalan.

dijalan yang menjadi perbatasan antara wilayah bekasi dan jakarta yang 6 KM nya masuk ke dalam wilayah bekasi ini, berjejer berbagai fasilitas publik seperti: restaurant, mall,hotel, rumah sakit, sekolah dan universitas, semakin menambah lengkap fasilitas publik di deretan jalan ini. Lengkapnya fasilitas publik yang ada, membuat jalan ini bagaikan kota yg berada dalam sebuah jalan yang lurus.


Menyusuri jalan ini akan memberikan kenangan tersendiri bagi para wisatawan, terutama yang memang baru pertama kali datang ke bekasi.Suasana khas daerah urban yang ramai dengan deretan ruko-ruko dan mal disebelah kanan jalan berpadu dengan suasana pedesaaan yang tercipta dari aliran sungai kalimalang dan wilayah sekitar sungai di sebelah kiri jalan membuat jalan ini kian unik. Jika kita berjalan menyusurinya dari arah bekasi, kita akan disambut oleh 2 mall (tempat perbelanjaan dan hiburan) yang cukup besar dan sering dikunjungi oleh masyarakat bekasi dan sekitarnya untuk berbelanja atau sekedar kumpul bersama teman dan keluarga , yaitu : BCP (Bekasi Cyber Park) dan MM (Mall Metropolitan). Sedikitnya, terdapat dua fasilitas wisata yang ada di mall tersebut, Mulai dari wisata belanja sampai wisata kuliner, dapat kita lakukan disana. Bagi turis asing (dari luar bekasi) yang tidak mempunyai sanak keluarga di bekasi, setelah lelah melakukan wisata belanja dan kuliner di Mall Metropolitan atau Bekasi Cyber Park, tak perlu pergi jauh dan repot untuk mencari hotel sebab di mall metropolitan terdapat hotel horison (hotel dengan fasilitas bintang 4) yang letaknya persis di bagian belakang mall metropolitan atau hanya selemparan batu dari Bekasi Cyber Park.


Bergerak lebih maju ke depan kita akan melihat jejeran ruko-ruko yang digunakan untuk perkantoran, restaurant, tempat les dan lain-lain yang terletak disebelah kanan jalan.


Jika kita ingin mengakses rumah sakit, baik karena keadaan darurat atau hanya untuk melakukan check up saja, di jalan ini yang lebih tepatnya terletak di kavling 17 dan 18 bekasi, juga terdapat sebuah rumah sakit yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Rumah sakit yang bernama Global Awal Bros Hospital ini, memberikan pelayanan seperti: radiologi,poliklinik,laboratorium,medical check up, Home care unit, instalasi farmasi,dan instalasi gawat darurat (globalawalbroshospital.com). Tidak hanya rumah sakit Global Awal Bros tetapi ada juga rumah sakit lain yang bernama Rumah Sakit Budi Lestari yang berjarak kurang lebih 2 KM dari rumah sakit Global Awal Bros. Rumah sakit ini melayani Medical Checkup, Medik Spesialis, Rawat Inap dan beberapa pelayanan lainnya (rsbudilestari.com). Dengan adanya dua buah rumah sakit ini, semakin memudahkan masyarakat bekasi dan warga daerah lain yang tinggal di sekitar jalan ini untuk mengakses ke rumah sakit terdekat dalam keadaan gawat darurat.


Ingin melaksanakan solat setelah berjalan jalan,tidak perlu pergi ke jalan lain sebab di jalan ini terdapat masjid yang cukup besar juga kok. Masjid jami al azhar namanya. Masjid ini memiliki design yang bagus. Garis garis yang saling bertemu dan berpotongan dengan garis yang lainnya pada kubah hingga membentuk seperti wajik ini memberikan tampilan yang unik. Jika kita melihatnya dari luar masjid, sepintas bentuk masjid ini mirip seperti masjid-masjid yang terdapat di daerah timur tengah. Walupun designnya berbentuk seperti masjid-masjid di timur tengah, masjid ini tidak berlokasi di daerah timur tengah loh, melainkan di kota bekasi tercinta. Karena bertempat di lokasi yang strategis, masjid ini sering ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan orang-orang yang kebetulan melintas dijalan ini untuk melaksanakan solat.


Melangkah lebih maju sedikit dari mesjid ini, terdapat jejeran toko-toko penjual batu batuan alam, rangkaian bunga dan pet shop. Jenis dari batu alam yang di jual juga cukup lengkap, mulai dari batu-batuan alam untuk menghias rumah bertipe minimalis yang btunya berbentu garis-garis lurus sampai yang bergaya klasik juag tersedia di sini. Toko rangkaian bunga dan petshopnya juga tidak kalah lengkapnya. Rangkaian bunga untuk ucapan selamat atau tanda duka cita, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besarnya seukuran kipas baso di film sunggokong juga tersedia. Kalau anda mencari makanan untuk hamster dan segala hal yang berkaitan dengan binatang peliharaan atau mungkin binatang peliharaanya, coba datang ke sini, mungkin hewan dan benda yang anda cari dapat anda temukan.


Berbicara masalah pendidikan, di jalan yang bertempat di bekasi ini juga terdapat sebuah sekolah swasta yang bernama Global Prestasi school. Mulai dari level SD,SMP,SMA bahkan sampai yang bertaraf internasional juga ada di sekolah tersebut. Tak hanya sekolah Universitaspun juga ada di jalan ini. Universitas tersebut bernama Universitas Gunadarma. sedikitnya terdapat ribuan mahasiswa dan mahasisiwi yang kuliah di universitas tersebut saat ini. Kualitasnyapun juga cukup bagus karena sebagian jurusan yang ada di universitas tersebut sudah terakreditasi A.



Berjalan-jalan di sepanjang jalan ini akan lebih menarik lagi jika jumlah pepohonan disisi kiri dan kanan jalan lebih diperbanyak karena pepohonan tersebut akan membuat jalan ini kian asri. Selain itu, pepohonan tersebut dapat membuat para pejalan kaki tidak terlalu kepanasan disaat siang hari karena dipayungi oleh jajaran pepohonan yang rindang. Tidak hanya pepohonan, tetapi juga fasilitas trotoar untuk pejalan kaki juga perlu sedikit diperbaiki dan akan menjadi lebih indah lagi jika para pengguna jalan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar jalan.




Sungai kalimalang yang berada si sebelah kiri jalan, selain berfungsi sebagai sumber air bagi PDAM dan Media untuk mengalirkan air ke laut, sebenarnya juga memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata air jika warga setempat beserta pemerintah bekasi dapat bekerjasama menata kembali sungai tersebut. Ada beberapa kegiatan yang sekiranya bisa dilakukan disini seperti : rafting, memancing, dan tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan restaurant air ( restaurant yang berlokasi di air dan mengunakan perahu sebagai area makannya. keren bukan. Alasan saya mengatakan hal tersebut adalah dri aspek kelebaran sungai yang cukup lebar dan memang tempat tersebut juga sudah menjadi objek wisata dadakan dikala 17 aggustusan karena ada beberapa perlombaaan yang diadakan disana.



Banyak kenagan saya terhadap jalan ini, karena saat ini saya masih aktif menjadi murid di salah satu lembaga kursus dan mahasiswa di salah satu universitas yang juga terletak di jalan ini. Teringat saya akan peristiwa yang terjadi beberapa hari lalu, ketika hujan deras dan saya melewati jalan ini untuk berangkat kursus. Sudah hujan deras macet lagi, tetapi saya tetap semangat untuk berangkat kursus walaupun hasilnya saya basah kuyup ketika tiba di tempat les karena sleting jas hujan saya rusak Tidak hanya itu, peristiwa bocornya ban motor saya beberapa tahun lalu, juga masih melekat di dalam pikiran saya. Bagaimana tidak, saya harus mendorong motor saya ke tukang tambal ban yang jaraknya 500 meter dari tempat les dan kegiatan tersebut cukup menguras tenaga saya.




Tetapi beberapa peristiwa yang kurang menyenangkan dimasa lalu tersebut membuat saya ketawa jika saya mengingat kembali peristiwa tersebut. Gabungan dari peristiwa tersebut dan berbagai peristiwa lainnya, baik yang menarik maupun yang menyedihkan lainnya yang terjadi di bekasi, semakin membuat rasa cinta saya kepada kota bekasi ini semakin memuncak. Saya senang melihat wajah bekasi saat ini yang terlihat semakin cantik dan mempesona karena menurut saya pembagunan dan perbaikan fasilitas public sudah merata. Seperti di jalan KH. NOER.ALIE ini contohnya yang sudah halus bagaikan jalan di sirkuit.






2 komentar:

  1. Semoga menang lomba fotonya.
    Amin.

    Salam

    BalasHapus
  2. trimakasih mas atau mbak atas doa dan dukungannya. Amin

    BalasHapus